Jumat, 06 Desember 2013

Jiyuu Matsuri: Seminar “Langkah Menuju Kota Yang Bersih Seperti Jepang” #5


Tsuyoshi Ashida menceritakan gambar wayang dalam seminar di acara Jiyuu Matsuri
Masih dalam rangkaian acara Jiyuu Matsuri 2013, HIMA Jepang mengadakan seminar “Langkah Menuju Kota yang Bersih Seperti Jepang”. Pembicara dalam seminar tersebut adalah Tsuyoshi Ashida, beliau merupakan warga asli Jepang yang dipindahtugaskan ke Jakarta sekitar 4 tahun yang lalu, dan sekarang menetap di Jakarta.
Sejak awal kedatangannya di Jakarta, ia sangat prihatin dengan keadaaan lingkungan di Jakarta yang menurutnya begitu kotor. Sampah-sampah yang banyak berserakan di pusat kota Jakarta, seperti Gelora Bung Karno dan Monas membuat hatinya tergerak untuk membuat sebuah kunitas peduli lingkungan Jakarta yang bernama ‘Jakarta Osouji Club’.
Foto bersama Tsuyoshi Ashida dan komunitas Jakarta Osouji Club
Jakarta Osouji Club ini merupakan suatu kunitas yang tidak terikat. Awalnya, anggota dalam kunitas ini hanya orang-orang Jepang yang tinggal di Jakarta, khususnya keluarga ataupun kerabat dekat Mr. Ashida. Motto dari kunitas ini adalah ‘Malu Buang Sampah Sembarangan’. Sesuai dengan mottonya itu, peran mereka dalam kunitas ini adalah mengambil sampah-sampah yang berserakan di sekitar GBK ataupun Monas. Karena aksi mereka ini, banyak masyarakat Jakarta yang hatinya ikut tergerak juga dalam memelihara Jakarta. Awalnya kegiatan ini diadakan seminggu sekali, namun dengan pertimbangan tertentu Mr.Ashida merubah jadwal sangat ni menjadi dua minggu sekali setiap hari  minggu di GBK atau Monas. Anggota dalam kunitas ini tidak memandang usia maupun kewarganegaraan.

Dalam pembicaraan bersama Mr. Yakata (anggota JOC), ia berandai jika ada bagian dari tubuhnya yang kotor,dan ia tidak segera membersihkannya, maka itu akan menimbulkan suatu penyakit di tubuhnya. Begitupula dengan sampah yang berserakan di tanah, layaknya tubuh yang kotor, itu akan menimbulkan suatu penyakit. Bedanya, jika itu adalah tubuh, akibatnya hanya untuk kita, sedangkan sampah itu akan berakibat untuk masyarakat sekitar.
Jadi, tunggu apa lagi! Warga asing saja mau membersihkan Jakarta, masa kita tidak?

Indah Juniasari

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878