Sabtu, 26 September 2015

MARKETING PLAN: MELATIH SKILL MELALUI AJANG PAMERAN (Kata UNJ edisi XII)

Kata UNJ edisi XII
oleh Annisa Ul Hasanah Azmi, Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Universitas Negeri Jakarta

Alamat Email              : annisaulhsnh@gmail.com 

 

Guna menghasilkan lulusan-lulusan yang terbaik, pasti setiap universitas akan membekali para mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidangnya. Jikalau mahasiswa hanya dicekoki dengan materi-materi yang harus mereka pelajari  dan kuasai , hal ini tentunya akan membuat mereka kebingungan begitu memasuki dunia kerja, dunia yang sesungguhnya. Perlu ada praktek untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan, sehingga mereka juga mampu dalam mengaplikasikannya.
Dalam proses memberikan pembekalan kepada mahasiswa, tidak jarang para dosen memberikan tugas-tugas yang ada sebagian mahasiswanya merasa terbebani dengan tugas tersebut. Mulai dari prosesnya yang sulit, biaya yang tidak sedikit, dan yang paling utama adalah menghilangkan rasa malas terhadap diri sendiri untuk mulai mengerjakan tugas-tugas tersebut. Namun kita jangan hanya melihat dari sisi negatifnya saja, tapi coba telusuri hal positifnya. Seperti saat mengerjakan tugas dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, kita juga akan memperoleh banyak pelajaran baru, karena kita mulai menggali informasi sebanyak-banyaknya untuk menyelesaikan penugasan tersebut. Dari yang tidak tahu apa-apa menjadi tahu akan suatu hal baru.
Seperti yang di lakukan oleh program studi Pendidikan Tata Niaga 2013 di bawah naungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Program studi ini telah menyelenggarakan kegiatan Exhibition yang berlangsung pada 6 januari 2015 lalu di Gedung Raden Dewi Sartika Lantai 2. Kegiatan yang bertemakan “Pendidikan Tata Niaga 2013 Fair” ini sebenarnya merupakan sebuah penilaian untuk tugas akhir dari salah satu mata kuliah. Project Exhibition yang lebih dari sekedar Bussiness Plan, tetapi sudah memasuki ranah Marketing Plan.
Para mahasiswa yang terbagi menjadi beberapa kelompok diharuskan untuk membuat suatu konsep dalam memasarkan suatu produk, baik berupa barang ataupun jasa. Mereka beberapa kali melakukan tahap konsultasi dengan sang dosen, sampai finalnya mereka harus merealisasikan konsep tersebut dalam suatu kegiatan pameran, mempresentasikan masing-masing produk, dan membuat laporan kegiatan. Mereka mendirikan stand sesuai dengan produk yang dipasarkan serta menghiasnya sekreatif mungkin. Beberapa produk yang dipasarkan antara lain; Jasa pembuatan vector, distro, minuman pocari sweat, the rossela, wedding organizer, birthday organizer, event konser jazz, dan lomba stand up comedy yang bertemakan Battle of comic lenong. Dalam memasarkan barang dan jasa yang dikelola, mereka diharuskan untuk menghadirkan sesuatu yang unik, yang berbeda dari biasanya untuk menarik perhatian pelanggan sampai akhirnya sang pelanggan memutuskan untuk membeli produk mereka, dan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
“Saya tahu project ini pasti akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit dan membuat kalian merasa sedikit terbebani, namun kalian juga pasti akan mendapatkan pelajaran-pelajaran yang tidak sedikit juga, dari mulai membuat perencanaan, mengembangkan ide-ide kreatif, sampai pada tahap pelaksanaannya. Saya tidak ingin ketika kalian lulus nanti dan memutuskan untuk bekerja kalian tidak memiliki bekal apa-apa” Ujar sang dosen Bapak Usep Suhud, M.Si. Selaku dosen mata kuliah komputer pemasaran.
Jadi anggap saja penugasan semasa kuliah ini adalah latihan, jika dalam berlatih saja kita sudah terbiasa dihadapkan dengan hal-hal yang sulit dan beresiko, ke depannya pasti akan mudah untuk menyelesaikan suatu masalah. Seperti kata pepatah “Berakit-rakit dahulu, berenang-berenang ketepian”. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.



0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878