Kamis, 26 November 2015

IWAN FALS - Satu


Single: “Abadi”
Iwan Fals, Noah, Nidji, Geisha, d’Masiv


Apa lagi yang harus dibuat seorang Iwan Fals untuk album barunya? Rasanya album berjudul Satu (2015) ini menjadi jawaban akan pertanyaan tersebut. Album yang kembali menandai kerjasama Iwan Fals dengan label lama yang melahirkan dan membesarkan namanya, Musica Studio’s.

“Awalnya sekitar dua tahun lalu, saat saya dan sekeluarga makan dengan keluarga besar Musica Studio’s. Disana tiba-tiba tercetus ide untuk membuat album lagi dengan Musica Studio’s, sahabat lama kami. Maka terjadilah proses panjang mengerjakan album ini,” kata Iwan Fals. Pertemuan berikutnya di rumah Ibu Indrawati Widjaya pada syukuran album ini semakin membuat lagu ini matang, Samapai pagi dini hari Iwan Fals, Ariel, Giring, Momo, Rian dan Steve Lillywhite  bersama-sama  berkumpul untuk mencari lirik dan pembagian vocal yang pas di lagu “Abadi” ini.

Lagu baru yang dibawakan secara bersama-sama di album Satu ini berjudul “Abadi”, lagu yang langsung dibuat oleh Iwan Fals saat proyek ini mulai digulirkan tahun lalu dalam sebuah pertemuan di Bali. Berisi kolaborasi vokal dari Giring, Momo, Ariel dan Rian dengan Iwan Fals.

Lagu anthem yang asik dan menjadi signature kuat dari album ini.  Nuansa lagu yang elegan dengan pengaruh karakter sound produksi Steve Lillywhite yang kuat. Bunyi gitar yang meruang di bagian akhir menjadi klimak yang menarik. Ini akan menjadi single perdana album ini juga dengan 4 lagu lain. Vokal Iwan Fals beradu dengan Ariel, Giring, Momo dan Rian. Menjadi satu melodi indah dari album kolosal ini.


Single: “Tak Seimbang”

Geisha & Iwan Fals

“Tak Seimbang” menjadi kolaborasi apik nan teduh dari Geisha dan Iwan Fals.  Lagu ciptaan Roby yang dia tulis saat adiknya meninggal bulan puasa lalu. Lagu balada khas Geisha dengan intro piano yang mengalun sendu menjadi atmosfir pembuka di awal lagu. Iwan Fals berhasil menemani vokal Momo dengan baik di lagu ini.

“Aku harus bagaiamana. Berjalan tanpa kamu. Apa dayaku.
Kini aku tak seimbang , tak sanggup menggantikanmu dengan yang lain “

Menurut saya ini kesempatan luar biasa bagi kami generasi baru bisa berkolaborasi dengan musisi senior dan legendaris, Iwan Fals. Kami berharap album ini bisa membawa Iwan Fals bisa masuk ke dalam nuansa musik zaman sekarang. Album ini juga bikin Iwan Fals lebih kelihatan muda. Ini project akhir tahunan kami. Seluruh orang Indonesia harus dengar karya luar biasa ini. Karena karya ini akan menjadi kami rindukan suatu saat nanti. Kami bangga lagu kami, (‘Tak Seimbang’) dinyanyikan sang legenda. Semoga juga album ini menjadi doa seperti judul lagu yang kami ciptakan bersama,"Abadi.” Terimakasih kami untuk Steve Lillywhite yang sudah menjadi salah satu orang terpenting di album ini. Idenya membuat kami bisa banyak belajar,” papar gitaris Roby dari Geisha.

Single: “Satu-Satunya”

d’Masiv Feat. Iwan Fals



Giliran d’Masiv tampil teduh dan hangat di lagu “Satu-Satunya”, lagu yang akan menjadi single awal ini karya Rian. Bertutur soal rasa cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa. Vokal Iwan Fals yang kuat mendapat tandem vokal Rian yang lembut, menjadi perpaduan yang apik.

“ Cintaku tak terukur dalamnya ..
pengorbananku tak ada habisnya..
apalagi yang harus kulakukan , untuk yakinkan kaulah Satu-satunya…”

“Album ini menurut saya salah satu kolaborasi paling bahaya dalam sejarah musik pop indonesia di era sekarang.Khusunya buat saya dan d'Masiv.Jauh sebelum project ini adasaya sudah membuat lagu "Satu-Satunya" dan sudah membayangkan lagu ini pas nya di nyanyikan Iwan Fals. Apa yang kita bayangkan kejadian d'Masiv bisa berkolaborasi dengan Iwan Fals. Bahkan kita juga membawakan lagu lamanya om Iwan Fals dengan karakter d'Masiv tanpa ada complain dari om Iwan Fals sedikit pun. Satu lagi istimewanya album ini adalah saya, Ariel ,Riring, Roby, Iwan Fals dan Steve Lillywhite bersama sama menciptakan lagu yang berjudul "Abadi.” Satu kata untuk album ini, Legend!kata Rian, vokalis d’Masiv.

Single: “Hidup Yang Hebat”

Nidji Feat. Iwan Fals

Kolaborasi yang intim dan melebur hadir di lagu Nidji dan Iwan Fals, “Hidup Yang Hebat.” Lagu ini ditulis secara bersama-sama di studio oleh Randy, Giring dan  Iwan Fals. Gaya liar dan penuh canda dari Iwan Fals mendapat chemistry yang pas dari Nidji. Mereka saling merespon dengan natural. Mengingatkan akan karya Iwan Fals semasa di Dalbo. Nidji seperti mengembalikan sisi nakal Iwan Fals dengan lirik yang tajam.

“Saya penggemar album om Iwan  Fals " in collaboration with" dan menganggap album tersebutlah yang memperkenalkan saya dengan karya karya beliau yang lainnya. Dan siapa yang pernah sangka bahwa sekarang saya bikin album bareng beliau. Kolaborasi yang sekarang ialah kolaborasi impian jadi kenyataan. Kami diberikan kesempatan untuk membuat lagu Nidji yang Iwan Fals banget. Lagu tentang kegelisahan kita tentang beberapa orang di social media yang bukannya bekerja dan berkarya untuk bangsa malah sukanya mengeluh dan mengkritik keadaan sekeliling mereka. Kita merasa dari pada update hal-hal negatif kenapa nggak diam aja tetapi bekerja dan berkarya untuk bangsa. Dan Om Iwan Fals setuju banget dengan tema tersebut bahkan ikut memberi masukan masukan keren untuk liriknya.” Kata Giring tentang single “Hidup Yang Hebat” dengan Iwan Fals di album Satu ini.





0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878