Jumat, 27 November 2015

Seminar & Workshop Indonesia Membatik Vol. 1

     Kecintaan akan batik dan keinginan untuk melestarikan warisan budaya Indonesia tersebut mendasari Departemen Luar Negeri Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Deplu HIMA P.IPS) UNJ mengadakan Seminar & Workshop Indonesia Membatik Vol. 1 pada Jumat minggu lalu (21/11). Acara yang diadakan di Arena Prestasi Fakultas Ilmu Sosial UNJ ini turut mengundang founder Komunitas Remaja Batik Indonesia, Bachtiar Effendi, sebagai pembicara sekaligus instruktur dalam mempraktikkan cara membatik yang baik dan benar.
Tak hanya sekedar mengajarkan cara membatik yang baik dan benar, acara ini juga membuat para pesertanya mengerti bagaimana sejarah batik di tanah air dan aneka macam jenis batik yang ada, seperti batik tulis, batik cap, dan batik lukis. Akan tetapi, jenis batik yang saat ini lebih sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah batik dalam bentuk printing; padahal kata “Batik” sendiri berasal dari dua kata, yakni “amba” artinya menulis, dan “tik” artinya titik/tetes.
Menurut Bachtiar Effendi, atau yang disapa Kak Thiar, sudah seharusnya masyarakat lebih memilih mengonsumsi batik tulis atau cap. “Kasihan pengrajinnya (batik tulis) kalo kita pake batik printing semua, nanti mereka tersisih, kan UNESCO mengakui Batik sebagai warisan budaya Indonesia karena prosesnya, bukan simple digital-nya,” jelasnya.
Para peserta Seminar & Workshop Indonesia Membatik Vol. 1 merasa sangat antusias dengan diadakannya acara ini, karena selain menambah pengetahuan mereka tentang batik, mereka juga bisa melatih kesabaran saat proses membatik. “Seru banget, nambah pengalaman, kita jadi tahu caranya ngebatik tuh gimana, butuh kesabaran banget. Acaranya nagih, pengen ikutan lagi deh kalo acaranya ada lagi,” ujar para mahasiswi Pendidikan IPS 2015.
Keinginan para peserta seminar tersebut akan terwujud, karena menurut Vivi, sang Ketua Pelaksana, acara yang sama akan diadakan kembali di kesempatan berikutnya. “Seminar Vol. 1 ini bakal kita jadiin bahan evaluasi untuk ngadain Vol. 2, Vol. 3, dan seterusnya. Paling konsep acaranya aja sih yang bakal kita bedain,” jelas Vivi.
Wina Clarissa

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878