Selasa, 03 Mei 2016

EDCO (English Debating Competition) 2016


EDCO (English Debating Competition)  adalah acara tahunan yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Sastra Inggris. EDCO tahun ini diadakan dengan tema “Think Critically, Deliver Your Thought Distinctly”. Tema ini mempunyai makna bahwa seorang debater harus berpikir kritis supaya dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di sekitarnya, serta pemikiran kritis tersebut harus disampaikan dengan jelas dan tegas. Intinya seorang debater harus mampu berpikir kritis dan tidak boleh mudah terpengaruh oleh omongan-omongan orang disekitarnya dan harus berpegang teguh pada prinsip yang dimiliki.

EDCO telah selesai diadakan hari Sabtu dan Minggu tanggal 30 April 2016 dan 1 Mei 2016 yang dilaksanakan di beberapa tempat. Antara lain untuk hari pertama dilaksanakan di Aula Maftuhah dengan agenda pairing up team dan pembagian motion. Sedangkan debatnya dilaksanakan di gedung O. Untuk hari kedua dilaksanakan semifinal  di gedung O dan Final debate dilaksanakan di Aula UPT Perpustakaan UNJ.

Peserta di yang mengikuti EDCO 2016 adalah peserta dari semua Fakultas yang ada di UNJ yang mengirimkan perwakilannya. Dan peserta yang mengikuti EDCO 2016 ini berjumlah 48 tim dari berbagai fakultas. Untuk sistem debatnya itu sendiri EDCO 2016 menggunakan sistem British Parlementary Sistem. Dengan penjelasannya yaitu dalam satu ruangan debat ada 4 tim. 4 tim tersebut antara lain adalah tim pertama yang bertindak sebagai Opening Goverment yang mendukung terhadap mosi yang telah diberikan, selanjutnya ada Opening Oppotition yang menyanggah pendapat-pendapat yang dikemukakan oleh Opening Goverment, selanjutnya ada Closing Goverment yang mendukung dan menguatkan pendapat dari Opening Goverment. Dan terakhir ada tim yang bertindak sebagai Closing Oppotition yang bertugas untuk mendukung pendapat dari Opening Oppotition dan merangkum semua yang telah dikemukakan dalam debat dan memberi solusi.

Final debat EDCO yang diadakan di Aula UPT Perpustakaan UNJ ini dibuka untuk umum dan penonton yang menghadiri acara inipun tidak hanya mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Sastra Inggris saja. Karena acaranya sangat bermanfaat dan untuk penontonpun tidak dipungut biaya. Selain itu, penonton disuguhkan penampilan menarik dari ESMONY yaitu paduan suara dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Sastra Inggris itu sendiri dan juga ada pengisi acara yang sangat menghibur yaitu TED (Theater Of English Departement) yang menyuguhkan drama yang sangat menghibur.

Pada final EDCO 2016 dimenangkan oleh tim Hati Kecil yang berasal dari English Depatment yang beranggotakan Putri Hafsah dan Arry A. Acara final tersebut telah menyaring 4 tim terbaik yaitu tim Suga Babies dari English Department, tim Hati Kecil dari English Department, Tim UB dari Fakultas Ekonomi, dan tim Zeus dari Fakultas Ekonomi. Keempat tim tersebut membukakan pendapat-pendapat mereka dengan tegas dan jelas sehingga suasana final terasa sangat menengangkan.
“Untuk harapan acara EDCO kedepannya lebih baik lagi dalam hal penyelenggaraan dan teknisnya dan lebih banyak lagi peminatnya.” Muhammad Firhad selaku ketua pelaksana EDCO 2016
Fikri Khoerani

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878