Senin, 14 Mei 2018

Semangatku dan Bangkitku Untukmu Indonesiaku



Tahukah Edufriend salah satu hari paling penting di negara kita Indonesia ? Kenangannya pun ada  museumnya di Jakarta,  dimana hari paling penting ini mengenang saat – saat rasa bangkit dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan Indonesia. Itulah dia hari Kebangkitan Nasional yang sering kita sebut Harkitnas dan jatuh pada tanggal 20 Mei.  

Kebangkitan nasional dimulai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dimana ditandai dengan bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme, serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang tidak pernah muncul selama penjajahan berkuasa dan bumi pertiwi ini dikuasai oleh Belanda dan Jepang. Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen), yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji, serta digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo.

Hari Kebangkitan Nasional tersebut selalu kita peringati untuk mengenang perjuangan bangsa kita dahulu menuju bangsa yang merdeka, pertumpahan darah kerap terjadi, banyak nyawa berguguran untuk mengibarkan sang Merah Putih. Untuk itu, sebagai pemuda dan pemudi bangsa Indonesia kita harus bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur melanjutkan hidup dengan penuh semangat dan rasa nasionalisme tinggi terhadap bangsa Indonesia. Kita harus bangkit dari tidur kita, bangkit dari rasa ketidakadilan, bangkit dari kemiskinan, bangkit dari keterpurukan, bangkit dari kebodohan, dan menjunjung tinggi rasa persatuan, kesatuan, dan nasionalisme untuk terus mengibarkan sang Merah Putih juga mengharumkan nama bangsa besar kita INDONESIA.

Anugerah Dwi Fitriani



0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878